Musim Kemarau Air Menjadi Kendala Petani


KARANGANYAR,Bajuloreng.net  - Kecamatan Jatipuro merupakan bagian dari Kabupaten Karanganyar yang paling selatan, dan berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri. Kecamatan Jatipuro terdapat 10 (sepuluh) Desa dan 84 Dusun dengan jumlah penduduk 38.325 jiwa. Di bidang pertanian warga masyarakat menanam padi, jagung, kacang tanah dan durian. Bamin Wanwli Koramil 14/Jatipuro Serma Triyono, dalam rangka melaksanakan komsos dengan kepala Desa Jatiharjo Agus Waluyo membicarakan tentang lahan pertanian serta saluran irigasi yang ada di wilayah Desa Jatiharjo.

Saat percakapan tersebut Triyono mengatakan apakah irigasi pengairan masih lancar, dan petani apakah masih bisa tanam padi,”ungkapnya.

Menjawab pertanyaan Bamin Wanwil Kepala Desa Jatiharjo menandaskan,”bahwa di musim kemarau ini air untuk mengairi sawah berkurang dan tidak maksimal, namun warga masyarakat Desa Jatiharjo masih ada yang menggarap lahan pertaniannya dengan tanam padi. Dan sebagian warga masyarakat petani tidak menggarap sawah, karena kurangnya air yang mengalir di sawahnya,”Tegas Agus.

“Apabila di wilayah Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar pada suatu saat nanti di bangun waduk, apakah air yang mengalir dapat mengairi lahan pertanian khususnya sawah petani di musim kemarau”, Ulas Serma Triyono.

Besar harapan petani Desa Jatiharjo dalam bertani, karena apabila di wilayah Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar di bangun waduk, akan dapat mengairi ratusan hektar lahan pertanian. Sehingga petani pada musim kemraupun masih bisa menggarap sawahnya,” Tandas Kades.

(14-Pendim 0727/Kra)

No comments