Pencanangan TNI Manunggal Keluarga Berencana – Kesehatan Tahun 2019


KARANGANYAR,Bajuloreng.net  - Bertempat di Lapangan Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Komandan Kodim  0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos., menghadiri Pencanangan TNI Manunggal Keluarga Berencana - Kesehatan (TMKK) Tahun 2019 Provinsi Jawa Tengah, Senin (09/09/19).

Hj. Sri Mulyani Bupati Klaten mengatakan, “Kegiatan ini semoga membawa manfaat dan kemajuan, untuk membangun Klaten yang maju mandiri dan berdaya saing. Salah satu keberhasilan program KB di Kab. Klaten adalah Kabupaten Klaten telah memiliki 62 Kampung KB, dan meraih Juara III KB kes tingkat nasional.

“Atas semua keberhasilan tersebut kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak. Kabupaten Klaten memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,4 juta jiwa tersebar di 410 Desa/Kelurahan, di 26 kecamatan dengan kepadatan penduduk 2000 orang per km persegi.

Ditambahkan, Kegiatan ini merupakan kerjasama antara BKKBN dan TNI dalam percepatan revitalisasi program KB Kes,”pungkas Sri.

Mayjen TNI Mochamad Effendi SE.MM Pangdam IV/Diponegoro, Sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 34 Th 2004 tentang TNI, menyangkut tugas pokok TNI dalam melaksanakan operasi militer selain Perang (OMSP), khususnya dalam membantu tugas-tugas pemerintah di daerah.

Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian, dan kontribusi nyata dari TNI khususnya Kodam IV/Diponegoro bersama dengan komponen bangsa lainnya, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat, khususnya dalam bidang keluarga Berencana.

Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa Bhakti Sosial TNI di berbagai bidang telah mampu membantu Pemerintah dalam upaya pembangunan, khususnya bidang-bidang yang langsung menyentuh kepentingan atau kebutuhan masyarakat.

Atas dasar itulah, maka Kodam IV/Diponegoro menjalin kerjasama dengan instansi BKKBN, untuk menyelenggarakan program Pencanangan TNI Manunggal KB. Kesehatan guna mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah.

Berbagai hal dan substansi yang dirasakan masih menjadi kendala, perlu mendapat atensi untuk dicarikan solusi yang komprehensif. Sehingga pencapaian sasaran TNI Manunggal KB Kesehatan ini dapat diwujudkan secara optimal. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan muncul pemikiran - pemikiran yang kreatif, inovatif dan konstruktif yang dapat mendorong bagi keberhasilan pelaksanaan TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2019,”pungkas Pangdam.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

No comments